SIKAP
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berpenampilan rapi dan dapat menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat
  12. Memiliki sifat kritis, cerdas dan santun, inovatif, kreatif serta rasional
  13. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati utuk menumbuhkembangkan sikap, nilai dan kemampuan peserta didik, dengan dilandasi oleh kearifan lokal dan akhlak mulia, serta memiliki motivasi untuk berbuat baik bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya.
SIKAP
KETERAMPILAN UMUM
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;

  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian berupa solusi, gagasan, desain atau kritik seni tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;

  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

KETERAMPILAN
KETERAMPILAN KHUSUS
  1. Mahir berbahasa Inggris lisan dalam konteks keseharian/ umum, akademis, dan pekerjaan;
  2. Mahir berbahasa Inggris tulisan dalam konteks keseharian/ umum, akademis, dan pekerjaan;
  3. Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam bidang bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes);
  4. Mampu mengadaptasi budaya penutur bahasa Inggris ke dalam budaya penutur bahasa Indonesia;
  5. Mampu merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran, serta melakukan perbaikan metode dan proses belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan mutu;
  6. Mampu menerapkan metode dan proses belajar dan pembelajaran bahasa Inggris untuk tujuan tertentu;
  7. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif;
  8. Mampu melakukan bimbingan dan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;
  9. Mampu menentukan dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan;
  10. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah mutu, relevansi, atau akses pembelajaran bahasa Inggris serta menyajikan beberapa alternatif solusi sebagai bahan pengambilan keputusan sesuai dengan perkembangan zaman;
  11. Mampu menggunakan teknik-teknik statistika dalam penelitian dan menggunakan statistika dalam pengukuran dan evaluasi dalam pendidikan, khususnya pendidikan bahasa Inggris;
  12. Mampu merancang, melaksanakan, dan mendiseminasikan hasil penelitiaan penelitian bidang pendidikan dan bahasa Inggris;
  13. Mampu menjadi pendidik/pengajar bahasa Inggris untuk anak-anak;
  14. Mampu menerjemahkan beragam teks tulis dan lisan berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan/atau sebaliknya dengan landasan pengetahuan tentang prinsip-prinsip penerjemahan;
  15. Mampu mempraktekkan ketrampilan berkomunikasi, berpikir kritis, menyelesaikan masalah (problem solving), mengelola informasi, kepemimpinan, kerjasama, kreativitas, dan wawasan global;
  16. Mampu mengembangkan kewirausahaan di bidang pendidikan dan bahasa Inggris berbasis teknologi komunikasi informasi/ICT;
  17. Mampu mempraktekkan ketrampilan jurnalistik
TRANSLATOR SERVIS
PENGETAHUAN
  1. Menguasai konsep teoritis kebahasaan
  2. Menguasai konsep teoritis teknik berkomunikasi lisan umum (general English) dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan;
  3. Menguasai konsep teoritis teknik berkomunikasi tulisan umum (general English) dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan
  4. Menguasai konsep teoritis teknik berkomunikasi lisan dan tulisan Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan;
  5. Menguasai konsep teoretis tentang kesusastraan dan literasi dalam pembelajaran bahasa;
  6. Menguasai konsep teoritis pemerolehan dan pembelajaran bahasa
  7. Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi;
  8. Menguasai prinsip psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan;
  9. Menguasai dasar-dasar bimbingan dan konseling untuk peserta didik;
  10. Menguasai konsep teoritis tentang bagaimana mengevaluasi pembelajaran bahasa Inggris;
  11. Menguasai konsep teoritis tentang kurikulum pendidikan bahasa Inggris serta pengembangan materi pembelajaran;
  12. Menguasai konsep teoritis penelitian dalam bidang pendidikan dan bahasa Inggris;
  13. Menguasai landasan teoritis pengunaan ICT dalam proses pembelajaran;
  14. Menguasai konsep ICT untuk kewirausahaan
  15. Menguasai prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak;
  16. Menguasai landasan teoritis tentang prinsip-prinsip penerjemahan yang berterima;
  17. Menguasai konsep teoritis kebahasaan bahasa Inggris dalam bidang jurnalistik;
    Mengusai landasan teoritis pengembangan kewirausahaan di bidang pendidikan dan bahasa Inggris;
  18. Memiliki pengetahuan tentang seting nyata (latar otentik) sekolah atau lembaga pendidikan lainnya, yang meliputi kultur sekolah, manajemen sekolah, dan dinamika sekolah;
  19. Menguasai konsep ketrampilan berkomunikasi, berpikir kritis, menyelesaikan masalah (problem solving), mengelola informasi, kepemimpinan, kerjasama, kreativitas, dan wawasan global;
  20. Menguasai konsep al-Islam dan Kemuhammadiyaahan.
PENGETAHUAN