imageedit_1_7193580694
INFO PMB
PELAKSANAAN MASTA TA 2022/2023

Pelaksanaan Masta Tahun 2022

BERMAKNA BERSAMA, 2022. Universitas Muhammadiyah Enrekang (UNIMEN) menggelar perhelatan Masa Ta'aruf (MASTA) tahun Akademik 2022 selama 4 hari pada Senin-Kamis 19-22 September 2022. UNIMEN mengawali kegiatan akademik dengan penyambutan mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 dengan MASTA. Kegiatan Masta dilakukan di Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Enrekang yang di ikuti oleh 400 mahasiswa baru dengan sambutan antusias. Kegiatan ini, mahasiswa selama 4 hari diajak untuk berkenalan lebih dekat dengan Universitas Muhammadiyah Enrekang namu dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dalam Pembukaan Masta tersebut, Rektor Universitas Muhammadiyah  Enrekang Yunus Busa menyambut baik kehadiran mahasiswa baru untuk memulai perkuliahan di Universitas kita tercinta ini. Pembukaan Masta ini juga dihadiri oleh pimpinan Rektorat dan fakultas serta ketua Prodi dan Dosen. Turut hadir pula lembaga kemahasiswaan yaitu Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

Wakil Rektor I UNIMEN mengungkapkan bahwa kegiatan Masta tahun 2022 ini konsepnya akan berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2020 kegiatan masta dilaksanakan secara Luring, dan tahun 2021 Masta dilakukan secara hybrid (Daring dan Luring). Pada tahun 2022 ini kita laksanakan secara full luring. Dengan konsep ini, maka kepanitiaan Masta untuk tahun ini digarap bersama oleh rektorat dan Lembaga Promosi dan lembaga kemahasiswaan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Enrekang.

Tujuan pelaksanaan Masta ini adalah agar tercipta akselerasi dan adaptasi bagi mahasiswa baru dengan kehidupan di Perguruan Tinggi, Pendidikan Karakter, memperluas jejaring pertemanan dan relasi, serta meningkatkan kesadaran kehidupan berbangsa, bernegara dan pentingnya pendidikan. Masa Orientasi diikuti oleh 2 Fakultas yakni Fakultas Sains dan Teknologi (FSaintek) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).  Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari 4 Program Studi yaitu Program Studi Teknik Sipil, Perpustakaan dan Sains Informasi, Agroteknologi dan Biokewirausahaan dan FKIP terdiri dari 5 Program studi yaitu Program Studi Pendidikan Nonformal, Bimbingan Konseling, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

“Seleksi penerimaan mahasiswa baru di UNIMEN tahun akademik 2022/2023 ada dua jalur dalam penerimaan mahasiswa baru, yaitu Jalur Reguler dan Jalur PMDP (Penelusuran Minat dan Prestasi).

Sementara rektor UNIMEN Drs. Yunus Busa, M.Si dalam sambutannya pada penutupan kegiatan tersebut mengatakan bahwa seluruh mahasiswa yang sudah resmi diterima dirumah kedua yaitu Universitas Muhammadiyah Enrekang akan meraih mimpinya menjadi kenyataan. Peta jalan hidup semoga bisa didapat dengan studi di UNIMEN dan tahun 2022, sebagai tonggak pencapaian akademik anda, menjadi mahasiswa paripurna, dengan memiliki potensi di bidang akademik, teknologi dan kewirausahaan.” Tambahnya.

Dirinyapun menuturkan  bahwa setelah resmi menjadi mahasiswa Unimen dan selama 4 hari sudah banyak mendapatkan informasi, pencerahan, pengenalan dan bekal pengayaan tentang kuliah dan menempuh pendidikan di perguruan tinggi khususnya di Unimen dengan sebaik-baiknya, maka di tunggu dan dinantikan prestasi demi prestasi, karya demi karya kalian semuanya di Unimen.” Pungkasnya.

Sementara WR 1 juga menguatkan bahwa tujuan dari sebuah perjalanan akademik adalah bukan hanya sebatas diperolehnya gelar akademik. Namun, yang paling penting adalah diperolehnya kompetensi pengetahuan kognitif, keterampilan, sikap serta karakter dan kepribadian yang positif berlandaskan nilai-nilai al-Islam. Wakil Rektor 1 memberikan gambaran pentingnya belajar kehidupan dari salah satu pahlawan nasional yakni KH. Ahmad Dahlan. Beliau adalah tokoh fenomenal dan layak mendapat predikat master of social enterprise. Organisasi yang didirikan beliau merupakan organisasi keagamaan dan sosial yang saat ini terus berkembang dan mewarnai kehidupan bangsa dan Negara bahkan telah mendunia.

Dengan demikian, menurut WR 1 bahwa menghadapi tantangan global, mahasiswa juga tidak boleh lupa dengan kewajiban sosial. Mahasiswa merupakan agen perubahan (Agent of Change). Dari karya Anda diharapkan terdapat perubahan dan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa. Namun sebaliknya, jika mahasiswa tidak mampu menciptakan perubahan, maka Kalian-lah yang akan tergerus dengan perubahan.

Di akhir acara, beliau menyampaikan terima kasih kepada seluruh pemateri, panitia, dan organisasi kemahasiswa yang mensukseskan kegiatan Masta ini.  (IIS)